Jakarta

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengatakan dua ruas jalan Tol Seksi 6A dan 6B di Ibu Kota Nusantara (IKN) saat ini sedang mengalami masalah pembebasan lahan. PUPR pun memastikan persoalan itu selesai tahun ini.

Jalan Tol Seksi 6A dan 6B diketahui terkoneksi dengan Bandara VVIP IKN. Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis H Sumadilaga, mengungkap luas lahan yang bermasalah berjumlah 45 hektare. Danis mengatakan persoalan itu sedang jadi prioritas untuk diselesaikan secepatnya.

“Di 2024 kelar masalah tanahnya,” ucap Danis di Kantor Kementerian PUPR, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (19/4/2024).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Danis kemudian menjelaskan lahan itu sulit dibebaskan karena ada penduduk yang bermukim di wilayah itu. Adapun tanah tersebut berstatus Aset Dalam Penguasaan (ADP) atau milik negara.

Oleh sebab itu, Danis mengatakan bahwa PUPR menggandeng banyak pihak untuk menuntaskan masalah itu. Mulai dari Kementerian Kementerian Agraria / Badan Pertanahan Nasional, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Pemerintah Provinsi Kaltim, dan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara.

“Mencari solusinya juga dengan Kementerian Keuangan karena ada tanah yang masuk statusnya aset dalam penguasaan. Ada tanah negara tapi ada penduduknya di 6A dan 6B,” ujarnya.

(kil/kil)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *