Jakarta

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati bertemu Second Minister of Finance Malaysia Datuk Seri Amir Hamzah di Washington D.C, Amerika Serikat (AS). Apa yang dibahas oleh keduanya?

Dikutip dari akun Instagram resminya Sri Mulyani bertemu Datuk Seri Amir pada Rabu (17/4). Awalnya, ia menjelaskan bahwa hubungan Indonesia-Malaysia selama ini terjalin erat.

“Mulai dari dekatnya jalinan kekerabatan kerja sama ekonomi hingga kolaborasi di bidang kepabeanan dan cukai,” ucap Sri Mulyani dikutip Kamis (18/4/2024).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Setelah itu Sri Mulyani mengucapkan selamat kepada Datuk Seri Amir yang baru saja dilantik menjadi Menteri Keuangan Malaysia pada Desember 2023.

“Kepada beliau, saya sampaikan selamat atas amanah yang diemban,” kata Sri Mulyani.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini lantas membeberkan isi perbincangannya dengan Datuk Seri Amir. Pertama, keduanya berbincang mengenai penguatan hubungan bilateral antar kedua negara, khususnya dalam mengarungi masa-masa penuh tantangan di tengah gejolak peningkatan tensi geopolitik.

Menurut Sri Mulyani, salah satu bidang yang harus diperkuat Indonesia-Malaysia adalah keuangan syariah.

“Kita banyak belajar dan bahkan banyak ahli keuangan syariah kita merupakan lulusan Negeri Jiran,” ungkapnya.

Kedua, Sri Mulyani menyampaikan pentingnya kolaborasi dan kerja sama teknis dalam mendukung pesatnya pertumbuhan industri halal.

Dengan ditandatanganinya nota kesepahaman (MoU) antar kedua negara di bidang rekognisi sertifikat halal beberapa waktu lalu, Sri Mulyani berharap sektor perdagangan makanan dan minuman halal Indonesia dan Malaysia bisa semakin meningkat.

Selain itu, Sri Mulyani mengatakan juga mendukung posisi Malaysia yang akan memegang mandat ASEAN Chairmanship 2025. Ia mengaku mendukung penuh hal tersebut.

“Saya pastikan Indonesia akan mendukung penuh dan siap menyukseskan agenda penting tersebut. Dengan kerja sama apik, kita terus kuatkan posisi ASEAN sebagai the bright spot, the shining region..!” pungkas Sri Mulyani.

(kil/kil)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *