Jakarta

Deskripsi pengalaman kerja merupakan bagian penting yang harus ada dalam CV atau resume. Pasalnya, melalui bagian ini pihak recruiter bisa menilai potensi dan kualifikasi yang dimiliki pelamar.

Semakin banyak poin keunggulan yang ditonjolkan dari pengalaman kerja sebelumnya, maka akan semakin besar peluang recruiter untuk melirik kamu sebagai kandidat untuk diterima di perusahaan.

Bagaimana cara menulis deskripsi pengalaman kerja yang efektif? Simak uraiannya di bawah ini.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Format Deskripsi Pengalaman Kerja

Deskripsi pengalaman kerja bisa ditulis dalam bentuk paragraf ataupun poin-poin. Dikutip dari laman resume.io, berikut hal-hal mendasar yang harus dicantumkan dalam deskripsi pengalaman kerja:

  • Posisi, nama perusahaan, dan lokasi kerja sebelumnya.
  • Bulan dan tahun mulai dan selesai bekerja.
  • Kontribusi nyata yang diberikan pada perusahaan sebelumnya.

Nah, CV atau resume semakin menarik di mata recruiter, berikut tips-tips efektif untuk mendeskripsikan pengalaman kerja yang dibagikan oleh laman Indeed Career Guide:

1. Lakukan Riset Tentang Perusahaan yang Dilamar

Sebelum menuliskan deskripsi pengalaman kerja, ada baiknya untuk mencari tahu tentang latar belakang perusahaan yang akan dilamar. Misalnya, mempelajari nilai-nilai dari perusahaan. Dengan demikian, kamu bisa lebih mengenal perusahaan yang dilamar dan mencocokkan tujuan serta jalur karir kamu dengan nilai-nilai perusahaan.

2. Pahami Jobdesk Posisi yang Dilamar

Setelah memahami jobdesk dari posisi yang dilamar, pastikan untuk menyatakan dengan yakin bahwa kamu memiliki kemampuan yang dibutuhkan untuk menjalankan tugas-tugas di posisi tersebut. Kamu juga bisa menuliskan pengalaman kerja yang relevan dan menonjolkan pencapaian kamu selama bekerja sebelumnya.

3. Hubungkan Pengalaman Kerja Dengan Perusahaan

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, dalam deskripsi pengalaman kerja, kamu harus bisa menjelaskan bahwa pengalaman yang didapatkan sebelumnya bisa membantu kamu bekerja di perusahaan yang akan dilamar. Jika kamu pernah bekerja di posisi yang serupa sebelumnya, kamu bisa menambahkan informasi yang diketahui terkait cara kerja di posisi tersebut.

4. Gunakan Kata Kerja Aktif

Salah satu cara untuk mempromosikan diri melalui deskripsi pengalaman kerja adalah dengan menggunakan kata kerja aktif. Sebisa mungkin gunakan kata kerja aktif untuk menjelaskan pengalaman kerja pada CV. Contoh kata kerja yang bisa ditulis seperti kata ‘mencapai’, ‘mempelopori’, ‘melampaui’ ‘mendirikan’ dll.

5. Pakai Metode STAR

Metode ini mungkin sudah banyak diketahui para pelamar kerja. Metode STAR merupakan singkatan dari ‘Situation’, ‘Task’, ‘Action’, dan ‘Result’. Lantas, seperti apa penulisan menggunakan metode STAR? berikut ini rinciannya:

  • Situation: Pada bagian ini ceritakan mengenai tantangan atau latar belakang kondisi yang pernah kamu hadapi di perusahaan sebelumnya.
  • Task: Jelaskan secara singkat peran dan kontribusi kamu dalam menghadapi tantangan tersebut.
  • Action: Tuliskan secara lebih detail langkah-langkah yang kamu ambil untuk mengatasi masalah/tantangan itu.
  • Result: Jabarkan hasil dan pencapaian yang didapatkan.

Contoh Deskripsi Pengalaman Kerja

Masih bingung bagaimana cara menulis deskripsi pengalaman kerja? berikut ada beberapa contoh deskripsi pengalaman kerja dalam bentuk poin ringkas dan paragraf untuk berbagai posisi yang bisa jadi referensi.

1. Deskripsi Pengalaman Kerja untuk Posisi Guru

• Mengembangkan dan menerapkan kurikulum untuk bidang Ilmu Pengetahuan Alam yang digerakkan oleh siswa dalam tiga tahapan.

• Setiap tahunnya memberikan arahan kepada 20 siswa untuk memantau perkembangan dan tantangan serta potensi yang dimiliki siswa.

• Diundang untuk menghadiri konferensi tahunan NAIS dalam rangka mengembangkan strategi pembelajaran sosial-emosional terkini di kelas.

2. Deskripsi Pengalaman Kerja Untuk Posisi Content Marketing

• Mengawasi tim yang terdiri dari 25 penulis freelance serta menyusun jadwal konten mulai dari ide hingga publikasi konten.

• Memberikan saran pada klien mengenai taktik strategi konten jangka pendek dan jangka panjang sekaligus membantu menyuarakan brand voice mereka.

• Mengedit dan memperbaiki naskah untuk menjaga konsistensi konten di berbagai platform.

3. Deskripsi Pengalaman Kerja Untuk Pegawai Restoran

• Menyajikan makan siang dan makan malam selama 4 tahun di restoran dengan peringkat bintang 5

• Bertugas sebagai bartender utama saat jam sibuk di malam hari dan akhir pekan dengan spesialisasi dalam meracik minuman cocktail.

• Mengelola dan mengembangkan metode pelatihan yang lebih efisien untuk host dan pelayan baru.

4. Deskripsi Pengalaman Kerja Untuk Posisi Asisten Eksekutif

• Mengelola perjalanan domestik dan internasional untuk lima orang eksekutif tingkat menengah ke atas.

• Menghemat biaya operasional hingga 35% dan memperbaiki sistem pencatatan pengeluaran untuk semua rekening perusahaan.

• Merekrut, melatih, dan membimbing tim yang terdiri dari lima orang asisten termasuk tim magang.

5. Deskripsi Pengalaman Kerja Untuk Posisi Sales Representative

• Meningkatkan pendapatan penjualan bulanan secara signifikan dengan pertumbuhan melampaui 150% dalam waktu 6 bulan.

• Mengembangkan dan memperoleh 10 klien baru dengan melakukan riset terhadap sektor-sektor yang belum pernah dijangkau oleh perusahaan sebelumnya.

• Menggarap kembali brand voice dan skrip sales representative untuk pelayanan yang lebih efisien bagi pelanggan.

6. Deskripsi Kerja Untuk Posisi Social Media Specialist

Pengalaman yang saya miliki mencakup bidang pemasaran dan periklanan. Saat kuliah, saya mendapat kesempatan magang dalam bidang periklanan di salah satu stasiun radio lokal, dimana saya bekerja untuk mendesain poster acara konser dan festival musik lokal.

Kemudian, saya juga bekerja sebagai market research assistant dengan menganalisis data konsumen serta menyusun laporan untuk direktur pemasaran. Berbagai posisi tersebut melatih saya untuk melakukan riset, menulis naskah iklan, dan membuat postingan sosial media. Sebagai social media specialist, saya ingin terus meningkatkan keahlian saya dalam melakukan riset dan mengelola data dari konsumen menjadi konten yang menarik.

7. Deskripsi Kerja Untuk Posisi Admin Assistant

Saya memiliki pengalaman bekerja selama 5 tahun sebagai asisten eksekutif di perusahaan X. Sebagai asisten eksekutif CFO saat ini, saya sering berkolaborasi dengan admin assistant lainnya untuk mengelola jadwal, mengkoordinir perjalanan bisnis internasional, dan menyusun laporan penelitian untuk spesialis keuangan di 6 kantor kami di berbagai negara.

Pada awal tahun lalu, saya mengoptimalkan sistem pengelolaan email perusahaan untuk meningkatkan komunikasi di kantor dan mengurangi jumlah email tidak terjawab sebanyak 28%. Saya paham perusahaan Anda sangat bergantung pada komunikasi via email, oleh karena itu saya ingin menggunakan kemampuan administratif saya untuk mewujudkan komunikasi yang lebih efektif di perusahaan ini.

8. Deskripsi Kerja Untuk Posisi Senior Financial Consultant

Saya memiliki pengalaman 10 tahun di bidang manajemen keuangan pribadi dan telah membantu 45 klien dalam meningkatkan modal mereka hingga 15% setiap tahunnya. Sebagai financial analyst, saya menggunakan grafik peningkatan visual untuk menunjukkan dampak setiap pilihan rencana penyimpanan dana terhadap tujuan klien.

Selama saya menjadi senior financial consultant, saya mengawasi rekan-rekan analyst lainnya dan melatih mereka untuk memberikan pelayanan terbaik untuk nasabah. Sebagai senior financial consultant, saya berharap dapat menerapkan pendekatan secara pribadi dalam membantu nasabah nantinya.

Itu dia 5 tips dan 8 contoh deskripsi pengalaman kerja yang bisa dimodifikasi dan disesuaikan dengan posisi yang ingin kamu apply. Semoga artikel ini membantu Detikers untuk diterima di perusahaan impian, ya.

Simak Video “Lagi Ngetren Cari Kerja di Tinder, Emangnya Bisa?
[Gambas:Video 20detik]

(row/row)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *