Jakarta

Proses migrasi dan integrasi sistem TikTok Shop ke Tokopedia sudah rampung 100% per 27 Maret 2024. Dengan begitu gabungan proses bisnis keduanya diklaim telah sesuai Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 31 Tahun 2023.

Presiden Tokopedia Melissa Siska Juminto mengatakan proses fasilitasi transaksi pembayaran TikTok Shop kini dilakukan pada sistem elektronik Tokopedia. Jadi masyarakat yang klik ikon TikTok Shop, auto masuk domain Tokopedia.

“Tanggal 27 Maret 2024 kami sudah selesai compliance sesuai Permendag Nomor 31 Tahun 2023. Secara payment yang dulunya memang masih di sistem elektronik TikTok sendiri, sekarang sudah fully by Tokopedia,” kata Melissa kepada wartawan di Tokopedia Tower, Jakarta, Rabu (3/4/2024).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Adanya kolaborasi TikTok dan Tokopedia dinilai tidak ada penyalahgunaan dan penguasaan data yang mengakibatkan persaingan tidak sehat. Hal itu dikarenakan ada akun e-commerce tersendiri dengan pengaturan privasi sesuai pilihan pengguna dan isolasi data antara data sosial media dan e-commerce.

“Kita memisahkan user ID TikTok dan TikTok Shop. Dengan memisahkan user ID itu, data akan bisa dilintasi secara sistem. Kita membuat pengaturan privasi, kalau user tidak mau data views TikTok dishare untuk e-commerce dia, dia bisa matiin aja. Jadi pas dimatiin itu shop Tokopedia tidak ada personalization,” beber Melissa.

Selain itu, semua transaksi dan operasional layanan merchant saat ini sudah terjadi pada sistem elektronik Tokopedia.

Melissa sendiri telah bertemu Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) pada Selasa (2/4) untuk menyampaikan perkembangan kolaborasi antara TikTok dan Tokopedia. Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu diklaim telah setuju dengan seluruh aktivitas pembayaran dan transaksi antara TikTok Shop dan Tokopedia.

“Mereka setuju dan segala aktivitas sudah sesuai Permendag Nomor 31 Tahun 2023,” ucapnya.

Sebelumnya, Kemendag memberikan waktu empat bulan kepada TikTok Shop untuk mentransisi sistem elektroniknya agar dikelola Tokopedia yang memiliki izin e-commerce.

TikTok dan Tokopedia sendiri telah berkolaborasi sejak 12 Desember 2023. Dalam hal ini TikTok merampungkan investasi sebesar US$ 1,5 miliar ke Tokopedia sehingga bisnis TikTok Shop Indonesia resmi bergabung di bawah kendali PT Tokopedia, dengan pemegang saham GOTO dan pengendalinya TikTok.

(das/das)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *