Jakarta

Kuota penukaran uang diselenggarakan oleh Bank Indonesia (BI) bersama perbankan nasional langsung ludes diserbu masyarakat pada pertama hari buka. Program ini dilaksanakan pada 28-31 Maret 2024.

Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia Marlison Hakim mengatakan pihaknya telah menyediakan kuota pendaftaran harian melalui layanan PINTAR sebanyak 5.000 orang dengan maksimal penukaran Rp 4 juta. Jika diakumulasikan, BI telah menyediakan kuota sebanyak 20 ribu orang untuk layanan penukaran uang baru di BI.

“Yang hadir disini BI bersama 16 perbankan dengan kegiatan membuka layanan Penukaran melalui aplikasi PINTAR. Tiap hari kita membuka kuota 5.000 dan sampai kemarin terakhir 31 Maret kuota sudah full,” katanya kepada awak media, Jakarta, Kamis (28/3/2024).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Meskipun kuota sudah full, Marlison menyebut pihaknya masih menyediakan kuota go show atau penukaran secara langsung. Namun, penukaran secara langsung ini tergantung pada sisa kuota harian yang tersedia.

“Kita belum bisa sebutkan (kuota go show) karena ketersediaan uang pada nanti penukaran. Misal kita siapkan paket Rp 4 juta per orang. Kan ada yang nuker cuman Rp 2 juta, Rp 1 juta, kaya gitu. Sisa itu yang kita pergunakan untuk go show,” jelasnya.

Adapun syaratnya hanya dengan membawa KTP dan juga uang tunai. Dia menekankan berdasarkan pengalamannya pihaknya telah dapat melayani kuota go show hampir 40-50%.

Kegiatan ini dilakukan secara terpadu dan serentak di satu tempat bersama 16 bank. Adapun 16 bank tersebut meliputi Bank Mandiri, BRI, BNI, BTN, BCA, BSI, Bank DKI, CIMB Niaga, Maybank, Bank Muamalat, OCBC NISP, Bank Mega, Bank Sinarmas, Bank Danamon, BJB, dan Bank Permata.

(kil/kil)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *